Saat ini jejaring soial internet merupakan sumber informasi yang dapat dijangkau oleh siapapun kapanpun dan dimanapun, namun internet juga bisa digunakan sebagai pendukung berbisnis salah satunya e-commerce yaitu proses pengembangan pemasaran, penjualan, pengiriman, pelayanan dan pembayaran untuk berbagai produk dan jasa yang diperjual belikan dalam pasar global. E-Commerce dapat diartikan juga sebagai suatu proses bisnis dengan menggunakan teknologi elektronik yang menghubungkan antara perusahaan, konsumen dan masyarakat dalam bentuk transaksi elektronik dan pertukaran/penjualan barang, service dan informasi secara elektronik.

Dari pengertian di atas, tentunya E-Commerce dapat digunakan sebagai salah satu pendukung dalam proses pembelajaran yang ada di sekolah, utamanya di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Adanya Mata Pelajaran Produk Kreatif dan Kewirausahaan dapat diimplementasikan menjadi suatu unit usaha produksi yang menghasilkan berbagai macam barang atau jasa yang dapat dijual ke masyarakat sesuai kategori dan kemampuan siswa-siswi SMK. Secara umum kegiatan unit usaha melalui Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK mengalami banyak kendala, di mana kendala utama berasal dari sisi modal dan pemasaran. Meskipun di beberapa SMK sudah mengikuti pameran-pameran di luar sekolah dan memiliki busines center berupa off line shop di sekolah, namun dalam penggunaannya masih belum maksimal dan barang hasil produksi atau jasa masih belum terjual secara menyeluruh kepada masyarakat.  Untuk mengatasi kendala tersebut salah satu solusi yang dapat dilakukan yaitu dengan pemanfaatan E-Commerce untuk keperluan pemasaran pada hasil produk kreatif siswa. Solusi ini dianggap tepat karena melihat daripada siswa-siswi sekarang yang sudah tidak asing lagi dengan penggunaan smartphone dan hampir semua sudah memilikinya. 

Dikembangkannya E Commerce yang diintegrasikan dengan Mata Pelajaran Produk Kreatif di SMK ini diharapkan menjadi salah satu media yang dapat menumbuhkembangkan jiwa wirausaha siswa, sehingga platform SMK sebagai Sekolah Pencetak Wirausaha dapat terwujud dan terlaksana sesuai yang diharapkan.

Tujuan Pelatihan

Tujuan KKGS di bidang Sekolah Pencetak Wirausaha :

  1. Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan lebih mampu bersaing dalam melakukan penjualan secara on line melalui E Commerce.
  2. Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan lebih mampu memanfaatkan teknologi dalam kegiatan penjualan online dengan teknologi tepat guna dan efisien.
  3. Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK bisa menjadi SDM unggul dan mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi yang berkaitan dengan penjualan secara online dan offline
  4. Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan di SMK lebih mampu bersinergi antara pendidikan vokasi tingkat menengah, pendidikan vokasi tingkat perguruan tinggi dan industry yang terkait.
  5. Guru Produk Kreatif dan Kewirausahaan  di SMK mampu berwirausaha yang berbasis E Commerce.

Jadwal Pelatihan

Content Materi

Paparan Tata Tertib KKGS21-SPW dan Mekanisme SPW

Kegiatan ini dilaksanakan pada tanggal 2 Agustus 2021, dan diampu oleh SMKN 1 Juwiring Klaten.

Pembukaan Kegiatan KKGSI

Kegiatan ini dilaksanakan Kamis, 5 Agustus 2021 dengan narasumber dari Direktorat SMK

Pengembangan model belajar SPW dan Motivasi SPW(Best Practice SPW)

Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 6 Agustus 2021 dengan narasumber oleh Tresi Tiara Intania Fatimah, S.E., M.Pd (SMK TI Pembangunan Cimahi)

Teknik ATM ( Amati Tiru Modifikasi) Best Practice Edupreneur dan Teknik Pelaporan Keuangan

kegiatan ini dilaksanan Sabtu, 7 Agustus 2021 dengan narasumber oleh Dadan Syarifudin, S.Pd (SMKN 11 Bandung)

Tahapan untuk gabung/join di market place (Bukalapak, Lazada, Shopee,dll)

 Kegiatan ini berlangsung pada Senin, 9 Agustus 2021 dengan narasumber Yohanna Novathalia ( SEAMEO ICC)

Mekanisme Promosi dan Transaksi Jual Beli Produk di Market place

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 10 Agustus 2021, dengan narasumber oleh Aditya Martin ( Alumni SPW SMK TI Cimahi)

Pemilihan Produk Sesuai dengan Trend Terkini

Kegiatan ini dilaksanakan pada Kamis, 12 Agustus 2021, dengan narasumber oleh Indri, Seira (Alumni SPW SMKN 11 Bandung)

Bisnis Online dari Reseller hingga Dropshipper

Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat, 13 Agustus 2021, dengan narasumber oleh Abrian Oktavianto (Alumni SPW SMK TI Cimahi)

Strategi Pemasaran/Trik dan Tips untuk Menaikkan Jualan

Kegiatan ini dilaksanakan pada Sabtu, 14 Agustus 2021, dengan narasumber oleh Yuni Dwi Agustina (Alumni SPW SMK TI Cimahi)

Penugasan Pembelajaran Daring SPW dan Penutupan Pembelajaran Daring SPW

Kegiatan ini dilaksanakan pada Senin, 16 Agustus 2021, dengan narasumber oleh R.Widyoko, S.Pd ( Koordinator SPW di SMKN 1 Juwiring) dan Drs. Yulius Widiyanto, M.T. (Kepala Sekolah SMKN 1 Juwiring)

Monitoring Hasil Penjualan Produk Peserta

Kegiatan ini dilaksanakan pada Rabu, 25 Agustus 2021, dengan Tim dari SMKN 1 Juwiring Klaten dan Yohanna Novathalia (SEAMEO ICC)

Laporan monitoring hasil penjualan produk peserta KKGSI Bidang SPW